Selasa, 16 Januari 2018

Album "PumpKings" adalah Refleksi Kekecewaan Roland Grapow pada Helloween


Album "PumpKings" dari Masterplan ini sebenarnya bukan album gres, karena sudah dirilis sejak 28 Juli 2017 lalu. Materi di album ini adalah lagu-lagu lama karya Roland Grapow saat masih di Helloween (1991-2000). 
Jadi sebenarnya semua lagu di album ini adalah lagu cover milik Helloween dari album "Pink Bubble Go Ape" (1991) sampai "Dark Ride" (2000).
Lagu-lagu karya Roland Grapow selama di Helloween, tidak lagi dimainkan Helloween secara live karena 'alasan politis'. Roland Grapow mengistalahkan lagu-lagunya di Helloween itu adalah 'bayi'. Dengan meremix ulang ke album "Pumpkings", Roland Grapow bermaksud membawanya pulang ke jenis yang berbeda, yang dia katakan sebagai 'rumah'.
Apa pun alasan Roland Grapow, meremix ulang lagu Helloween itu bagiku cuman soal dagang. It's such a business! Secara musikal, album ini nggak beda jauh dari versi aslinya. Hanya sedikit lebih modern, walau Roland Grapow masih tetap pakai gitar Fender dan ampi Marshall tua. Perbedaan yang mendasar ada pada bagian vokal yang diisi oleh Rick Altzi.
Saya pribadi lebih suka versi aslinya (tentu saja). Rick Altzi benar-benar 'merusak' lagu "Mankind" yang aslinya dinyanyikan oleh Michael Kiske di album "Pink Bubble Go Ape" (1991). Menurutku lagu ini cocoknya dinyanyikan oleh Michael Kiske. Karena butuh vokal ber-oktaf tinggi untuk menyanyikannya . Rick Altzi bagus di power, tapi payah saat menjangkau nada tinggi.
Untuk yang belum tahu, sing wis eruh menengo yoMasterplan adalah band bergenre Power Metal proyeknya Roland Grapow (gitaris) bersama Uli Kush (drummer) setelah dipecat dari Helloween.
Masterplan saat ini digawangi oleh Roland Grapow (gitar),  Axel Mackenrott (keyboard), Rick Altzi  (vokal), Jari Kainulainen (bass), dan Kevin Kott (drum). 
Di formasi awal pernah bertengger drumer top Uli Kusch dan Mike Terrana. Juga pernah disinggahi oleh Jorn Lande, vokalis dengan power vokal yang dahsyat jaya.
Roland Grapow dan Uli Kusch adalah mantan personil Helloween. Walau bukan formasi klasik, tapi kontribusi mereka di Helloween patut diacungi jempol 5. Album "Time of the Oath" (1996) adalah salah satu album dahsyat Helloween yang berhasil meraup banyak fans baru, anak-anak gaul metal abal-abal yang tahunya cuman lagu "Forever And One".
Makanya Roland Grapow kecewa ketika dia tidak diikutsertakan di Pumpkins United, proyek reuni personil Helloween. Sascha Gerstner, gitaris kemaren sore di Helloween malah diikutkan di proyek tersebut. Sedangkan Roland Grapow, personil jadul Helloween selama 9 tahun dilupakan. Juga Uli Kusch, drumer terbaik Helloween, yang bernasib sama dengan Roland.
Proyek Pumkins United menelurkan rekaman EP yang berjudul sama, dirilis pada 13 Oktober 2017. Dengan formasi klasik Kai Hansen (gitar), Michael Weikath (gitar), Michael Kiske (vokal), Markus Grosskopf (bass), Andi Deris (Vokal), ditambah 2 anak baru Sascha Gerstner (gitar) dan Daniel Lble (drum). Dilanjutkan dengan tour panjang bertajuk Pumkins United Tour.


Pumkins United World Tour memulai konsernya pada 28 Oktober 2017 di Sao Paolo Brazil, dilanjutkan dengan rangkaian tour di Amerika Latin, Eropa, Asia dan Amerika Serikat dan mampir di Indonesia (di dalam mimpimu). Entah tour itu berakhir sampai kapan, aku gak eruh. Sms-ku belum dibalas Kai Hansen.

Roland Grapow sendiri sampai saat ini masih merasa bagian dari Helloween. Seperti kata dia saat diwawancari oleh Chris Akin dari "The Classic Metal Show" :
"Beberapa kali mereka (Helloween) selalu menghindar saat bertemu aku. Saat di Moskow setelah album pertama Masterplan yang kami promosikan dan tur, mereka menghindar dariku saat bertemu di lobi hotel, kayak anak kecil. 'Apa yang terjadi pada kalian, kita orang dewasa.'
Tapi akhirnya aku bertemu mereka dan berbicara dengan Andi Deris (vokalis Helloween) juga personil lainnya selama beberapa jam. Segalanya terasa sangat menyenangkan. Bagiku itu sebuah deja vu, yang aku lewatkan, bagian dari persahabatan ini, atau what ever lah. Tapi mereka tidak melihat aku seperti itu. Aku memiliki pandangan yang berbeda tentang mereka. Aku orang tertua di antara mereka.
Aku mengatakan kepada Andi, 'Ayolah Ndes. Kita tidak hidup selamanya. Kita seharusnya tidak berantem atau tidak menyapa satu sama lain. '
Aku sangat menghormati semua personil Helloween. Aku sangat bahagia karena aku adalah bagian dari Helloween. Tanpa Helloween, aku tidak akan berada di bisnis ini (musik). Jika Michael Weikath tidak meneleponku saat itu (audisi), aku akan tetap menjadi montir mobil sampai tua dengan tulang yang sakit-sakitan. Mengerjakan mobil sambil bermimpi menjadi musisi.
Sekarang aku mendapatkan semua yang aku inginkan (menjadi musisi). Jadi, aku orang yang bahagia. Tapi mereka tidak menginginkan aku dan Uli Kusch sebagai bagian dari reuni. Aku tidak tahu apa alasan sebenarnya, tidak ada yang bertanya kepada kami. Uasuwok. "
Well, sangat wajar kalau Roland Grapow kecewa tidak menjadi bagian dari reuni Helloween. Dia jadi seperti sekarang ini karena dibesarkan oleh Helloween. Apalagi setelah Roland Grapow dipecat dari Helloween, Helloween tidak pernah sekalipun membawakan lagu ciptaannya saat live. Itu seperti menghapus jejak Roland Grapow di perjalanan karir Helloween.
Bisa jadi album "PumpKings" adalah refleksi Roland Grapow atas kekecewaannya tersebut, untuk mengingatkan penggemar Helloween, bahwa Roland Grapow pernah menjadi bagian terpenting dari band besar Helloween. Pernah ada lagu "The Chance". "Mankind", "The Time Of The Oath" dan semua lagu ciptaannya di Helloween yang termuat di album "PumpKings".
Album "PumpKings" memang memuat lagu-lagu istimewa, tapi menurutku album ini nggak terlalu istimewa. Kalaupun disebut istimewa, karena lagu-lagu di album tersebut milik Helloween, sebuah nama besar di jagad metal, khususnya genre Power Metal. Tapi semuanya kembali ke soal selera masing-masing. Kalau saya sih dari dulu tetap Michael Kiske lah vokalis terbaiknya Helloween. Persetan opini kalian.
Kalau anda penggemar Helloween formasi lama saat bersama Roland Grapow, kayaknya anda  disunnatkan mengoleksi album ini . Berikut tracklist-nya:
The Chance, Someone's Crying, Mankind, Step Out of Hell, Mr. Ego (Take Me Down), Still We Go, Escalation 666, The Time of the Oath, Music, The Dark Ride, Take Me Home, dan I Don't Wanna Cry No More (Bonus Track).
-Robbi Gandamana-
*Disadur dari berbagai sumber dan interprestasi pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar